All about TRAINING AMDAL: IMPLEMENTASI AMDAL, LAPORAN AMDAL,PENYUSUN AMDAL, PENILAI AMDAL DAN DASAR AMDAL

2015-09-04 14.16.36

Sehubungan dengan banyaknya training tentang AMDAL, apa persamaan dan perbedaan masing training AMDAL, apa tujuan trainingnya , siapa sasaran pesertanya, biaya, durasi apa ada sertifikat kompetensinya, registrasi dari KLH dll, maka penulis mencoba menjelaskan tentang beberapa hal yang terkait dengan masing-masing training AMDAL. Hal ini supaya USER tidak salah pilih dalam memilih training AMDAL yang akan di ikuti sehingga akan berakibat mubazir baik dari segi biaya maupun waktu. Juga akan dijelaskan siapa saja yang disarankan untuk mengikuti pelatihan/training AMDAL.

Sebagai contoh berikut ini adalah Mekanisme Pengajuan UKL-UPL, AMDAL dan Izin Lingkungan di profinsi Jawa Barat dapat dilihat DISINI

Hal – hal yang harus diperhatikan tersebut adalah :

1. PERIHAL : “KEWAJIBAN SURAT REGISTRASI DARI KLH” untuk penyelenggara diklat/training AMDAL.

  • PENYELENGGARA TRAINING AMDAL PENYUSUN (gabungan dari AMDAL A dan AMDAL B) : WAJIB mempunyai register dari KLH, terkait dengan sertifikasi kompetensi untuk penyusunan AMDAL.
  • PENYELENGGARA TRAINING: “Implementasi dan Pembuatan Laporan AMDAL dan UKL/UPL”, TIDAK WAJIB mempunyai surat register dari KLH sesuai dengan kurikulum KLH, karena tidak ada sertifikasi kompetensi untuk “Implementasi dan Pembuatan Laporan AMDAL dan UKL/UPL”.
  • PENYELENGGARA TRAINING AMDAL PENILAI: WAJIB mempunyai surat register dari KLH, terkait dengan sertifikasi kompetensi untuk PENILAI AMDAL.
  • PENYELENGGARA TRAINING DASAR – DASAR AMDAL WAJIB mempunyai surat register dari KLH karena kurikulum dari KLH, serta bukti lulus ujian DASAR – DASAR AMDAL yang akan dilanjutkan dengan sertifikat PENYUSUN AMDAL atau PENILAI AMDAL sesuai kebutuhan peserta .

2. PERIHAL: “SIAPA YANG DI WAJIBKAN / DISARANKAN UNTUK MENGIKUTI TRAINING AMDAL”

  • AMDAL PENYUSUN sasaran peserta untuk Konsultan Penyusun AMDAL, Pemerintah Cq.Pemrakarsa AMDAL, Masyarakat Sekitar atau LSM (NGO) yang dilibatkan dalam penyusunan AMDAL.
  • IMPLEMENTASI DAN LAPORAN AMDAL sasaran peserta: Karyawan, Konsultan Penyusun AMDAL, Pemerkasa AMDAL. Komisi Penilai AMDAL. LSM (NGO), BLHD, Perguruan Tinggi dan yang terpenting untuk KARYAWAN perusahaan yang di beri tanggung jawab (PIC) untuk meng-IMPLEMENTASIKAN dan Membuat LAPORAN AMDAL/UKL/UPL secara berkala ke BLHD (minimal 6 bulan sekali). Hal ini karena ada KEWAJIBAN perusahaan untuk MENGIMPLEMENTASIKAN AMDAL yang sudah disusun saat perusahaan mau di dirikan dan juga ada KEWAJIBAN perusahaan untuk membuat LAPORAN AMDAL/UKL/UPL secara berkala sekurang-kurangnya 6 bulan sekali.
  • AMDAL PENILAI sasaran peserta: diwajibkan/disarankan untuk Konsultan Penyusun AMDAL, BLHD dan badan pemerintah yang terlibat dalam Penilaian AMDAL.
  • Dasar-dasar AMDAL sasaran peserta yaitu wajib bagi peserta yang akan ikut training AMDAL PENYUSUN DAN AMDAL PENILAI juga untuk Konsultan Penyusun AMDAL, BLHD dan badan pemerintah yang terlibat dalam Penilaian AMDAL.

3. HASIL AKHIR YANG DI DAPATKAN OLEH PESERTA TRAINING, yaitu:

  • IMPLEMENTASI DAN PELAPORAN AMDAL/UKL/UPL : akan terciptanya seorang personnel yang mampu MENGIMPLEMENTSIKAN AMDAL/UKL/UPL yang sudah di susun sebelum perusahaan berdiri dan juga memiliki kemampuan membuat LAPORAN AMDAL/UKL/UPL sesuai UU 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan lingkungan Hidup yang WAJIB di sampaikan ke BLHD minimal 6 bulan sekali, sebagai tanggung jawab dan kewajiban manajemen perusahaan.
  • PENYUSUN AMDAL: akan melahirkan personnel untuk konsultan penyusun AMDAL maupun PEMRAKARSA AMDAL yang mempunyai kemampuan untuk menyusun AMDAL, sebagai salah satu syarat untuk mengurus ijin-ijin yang lain termasuk ijin lingkungan sebelum perusahaan didirikan.
  • PENILAI AMDAL: akan lahirnya seorang personnel yang mempunyai kemampuan untuk menilai AMDAL yang disusun oleh tim penyusun AMDAL.

    note

  • DASAR-DASAR AMDAL: sebagai persyaratan untuk mengikuti PENYUSUN AMDAL dan PENILAI AMDAL

    Note: untuk karyawan perusahaan tidak diwajibkan mengikuti TRAINING AMDAL: IMPLEMENTASI AMDAL, LAPORAN AMDAL,PENYUSUN AMDAL, PENILAI AMDAL DAN DASAR
    AMDAL.

4. DURASI DAN BIAYA

  • AMDAL PENYUSUN durasi sekitar 1 bulan biaya sekitar 12 -15 juta rupiah, di luar biaya sertifikasi kompetensi.
  • IMPLEMENTASI DAN LAPORAN AMDAL durasi 3-4 hari biaya 6-7 juta rupiah, training ini bertujuan untuk pemenuhan peraturan perundahan LH (UU 32 tahun 2009) jadi tidak ada sertifikasinya.
  • AMDAL PENILAI durasi sekitar 10 hari biaya 8-12 juta rupiah, di luar biaya sertifikasi kompetensi.
  • Dasar-dasar AMDAL durasi 3-5 hari biaya sekitar 7-9 juta rupiah, di luar biaya
    kompetensi

5. CONTOH MATERI TRAINING AMDAL

Untuk Informasi Lebih Lanjut, Hubungi :

PT. BENEFITA INDONESIA PROVIDER TRAINING ENVIRONMENT TERBESAR & TERLENGKAP Se-INDONESIA (Since 1 April 1998)

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>