BENCHMARKING PEROLEHAN PIALA ADIPURA KOTA BANDUNG TAHUN 2015 SETELAH PENANTIAN PANJANG SELAMA 17 TAHUN

Untitled-1

Kota Bandung mendapatkan penghargaan Anugerah Adipura 2015 pada Kategori Kota Metropolitan. Penghargaan tersebut langsung diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia M. Jusuf Kalla yang didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Siti Nurbaya kepada Walikota Bandung M. Ridwan Kamil.

Bandung bersaing dengan 357 kota lainnya di seluruh Indonesia. Penghargaan tersebut diraih pada saat Malam Anugerah Lingkungan Proper dan Adipura 2015 yang dilangsungkan di Hotel Bidakara, Jakarta pada Senin, 23 November 2015.

12715421_961877313895746_5616475801169131140_n

Ridwan Kamil mengatakan ini adalah malam setelah perjalanan panjang tujuh belas tahun akhirnya Adipura kembali ke kota Bandung, perjalanan mereformasi lebih dari 30 program mulai dari Gerakan Pungut Sampah sampai perbaikan infrastruktur, penegakan hukum untuk merubah prilaku. Dia juga menerapkan program baru, yaitu program Bandung Bersih dan Lestari yang terdiri dari:

  • Inovasi yang terdiri dari: bank sampah, air hujan (reuse), smart city, filter sungai, bio digester (skala RT/RW, skala wilayah, skala kota), mobil sweeper sampah, taman tematik, TPS terpadu.
  • Regulasi yang terdiri dari: car freedays, denda sampah, green building, selasa tanpa rokok, program langit biru, no plastik (toko), jumat bersepeda.
  • Kolaborasi yang terdiri dari: Bandung clean action, bus sekolah, bantuan untuk provinsi JABAR, melibatkan TNI Polrii, sekolah hijau, gerakan pungut sampah, kampanye sayang Bandung.
  • Desentralisasi yang terdiri dari: 1500 petugas gorong-gorong, 1500 motor sampah, 151 motor penyiram taman, 1500 petugas sampah, lomba kelurahan bersih.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
adipura2

Adipura adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasill dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Program Adipura pertama kali dilaksanakan pada era Presiden Soeharto yakni pada tahun 1986. Program pemberian piala kepada kota-kota terbersih tersebut sempat terhenti pada tahun 1998. Lalu pada tahun 2002 program penghargaan ini kembali di gelar.

Pemberian penghargaan Adipura terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu Kota Metropolitan (kota dengan penduduk lebih dari 1 juta jiwa), Kota Besar (500.001 – 1.000.000 jiwa), Kota sedang (100.001 – 500.000 jiwa) dan Kota Kecil (<100.000 Jiwa). Selain terbagi dalam kategori kota, penghargaan Adipura juga terbagi menjadi dua tingkatan, yaitu Adipura Kencana dan Adipura:

  • Penghargaan Adipura Kencana diberikan untuk kota-kota yang berhasil melampaui batas pencapaian pengendalian pencemaran air maupun udara, pengelolaan tanah, perubahan iklim, sosial, ekonomi serta keanekaragaman hayati
  • Adipura diberikan kepada kota-kota di Indonesia yang dinilai berhasil mengelolla kebersihan dan lingkungan hidup.

Wakil Presiden Republik Indonesia juga menghimbau agar masyarakat lebih perduli dan terus menjaga lingkungan. Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya juga mengatakan diserahkannya piala Adipura pada kabupaten kota merupakan sebuah penghargaan, penghargaan ini merupakan wujud penghargaan bagi pemerintah kabupaten daerah dan dunia usaha yang telah menunjukkan kinerja luar biasa dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Untuk Informasi Lebih Lanjut, Hubungi :

    Eni Endri Yeni | Senior Marketing Partner | PT Benefita Indonesia
    HP: 0813 10138048 | Email: eniendriyeni@benefita.com
    Website : http://www.pelatihanlingkungan.com | http://www.trainingproper.com | http://www.limbahb3.com

PT. BENEFITA INDONESIA PROVIDER TRAINING ENVIRONMENT TERBESAR & TERLENGKAP Se-INDONESIA (Since 1 April 1998)

Artikel Terkait:

Sumber: Dinas Komunikasi dan Informatika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>