Mirisnya Perubahan Lingkungan Sekarang Ini

Disadari atau tidaknya, kondisi bumi telah banyak mengalami perubahan. Dulu masih banyak pohon hajau nan rindang serta hamparan sawah nan hajau. Akan tetapi keadan tersebut sudah jauh berbeda, sekarang lahan terbuka tersebut telah tergantikan oleh gedung-gedung yang menjulang tinggi. Sehingga ruang terbuka hijau sangatlah sedikit.

Tak sampai di situ saja, dulu kondisi sungai yang kita temukan masih dalam kondisi yang jernih dan masih di huni aneka biota. Tapi sekarang itu semua telah tercemar oleh bahan kimia dan sampah. Sehingga yang kita jumpai sekarang adalah aliran sampah di sungai.

Berikut ini adalah beberapa gambaran perubahan bumi dulu dengan sekarang.

1

1. Hanya dalam kurun waktu tiga tahun antara tahun 2011 sampai dengan 2014, debit air di Danau Oroville, California mengalami penyusutan drastis.

20 Perubahan lingkungan

2. Pada tahun 2000, Laut Aral sudah banyak mengalami penyusutan. Namun pada tahun 2014, kondisinya yang semakin parah dengan mengeringnya untuk pertama kalai dalam waktu 600 tahun.

20 Perubahan lingkungan

3. Gambar-gambar ini diambil oleh satelit yang menunjukkan kondisi dari Danau Mar Chiquita di Argentina. Danau Mar Chiquita merupakan salah satu danau garam alami terbesar di dunia, namun kini telah menyusut karena irigasi dan kekeringan.

20 Perubahan lingkungan

4. Tingkat keasaman dan suhu laut yang meningkat yang berkontribusi terhadap perubahan kondisi Great Barrier Reef. Hanya dalam kurun waktu 12 tahun dari tahun 2002 hingga 2014 mengalami perubahan yang signifikan.

20 Perubahan lingkungan

5. Foto tersebut diambil pada tahun 1990 dan pada tahun 2012. Dalam foto tersebut terlihat jelas perbedaan berapa banyaknya massa es d Arktik yang menyusut dalam kurun waktu tersebut. Para ilmuwan juga memperkirakan bahwa pada saat musim panas tahun 2040 tidak ada es di Arktik

6

6. Pada foto sebelum dann sesudah tersebut memperlihatkan perbedaan yang signifikan tentang kondisi Peterman Glacier. Gletser besar yang terletak di Greenland pada bulan Juli 2009 dan pada juli 2011 memperlihatkan telah mencairnya gletser tersebut dalam kurun yang waktu yang sangat singkat.

20 Perubahan lingkungan

7. Pada bulan juli tahun 1978 Gletser Qori Kalis di Peru masih mengalir. Namaun pada Juli tahun 2011 mengalami kondisi penyusutan yang cukup besar

20 Perubahan lingkungan

8. Pada tahun 1926 di Taman Nasional Glacier di Montana masih dipenuhi dengan es Grinnell Glacier. Namun pada tahun 2008 mengalami banyak perubahan yang cukup drastis karena diakibatkan oleh perubahan iklim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>