Pengertian Limbah B3 ??

limbah
LimbahB3.com – Limbah B3 adalah singkatan dari limbah bahan berbahaya dan beracun. Limbah dan sampah ternyata selalu menjadi permasalahan yang serius. masalah ini tidak hanya terjadi di negara yang sedang berkembang saja menurut Andi Goda

Namun, di negara maju pun menjadi pekerjaan pemerintah yang mendesak, oleh karena itu, kita perlu memahami pengertian limbah sebelum berbicara tentang limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) secara umum. Limbah adalah bahan sisa dari suatu kegiatan atau produksi, baik dalam skala kecil (rumah tangga) maupun dalam skala yang besar (pabrik).

Dalam PP 18/1999 Jo. PP 85/1999, pasal 1 (ayat 2) dijelaskan pengertian limbah B3. Limbah bahan berbahaya dan beracun, disingkat limbah B3, adalah sisas suatu usaha dan/atau kegiatan yang mengandung bahan berbahaya dan/atau beracun yang karena sifat dan/atau konsentrasinya dan/atau jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung, dapat mencemarkan dan/atau merusak lingkungan hidup manusia serta mahluk hidup lainnya.
Limbah B3 dikarakteristikkan berdasarkan beberapa parameter, yaitu total solids residue (TSR), kandungan fixed residue (VSR), kadar air (sludge moisture content), volume padatan dan karakter atau sifat B3 (toksisitas, sifat korosif, sifat mudah terbakar, sifat mudah meledak, beracun, dan sifat kimia serta kandungan senyawa kimia)
Contoh Limbah B3 adalah logam berat, seperti Al, Cr, Cd, Cu, Fe, Pb, Mn, Hg, dan Zn serta zat kimia (Dua Jenis Reaksi Kimia), seperti pestisida, sianida, sulfida, dan fenol.
- Cd dihasilkan dari lumpur dan limbah industri kimia tertentu.
- Hg dihasilkan dari industri klor-alkali, Industri cat, kegiatan pertambangan, industri kertas, dan pembakaran bahan bakar fosil.
- Pb dihasilkan dari peleburan timah hitam dan accu. logam – logam berat umumnnya bersifat racun sekalipun dalam konsentrasi rendah.

Limbah B3 dapat diidentifikasikan menurut sumber, uji karakteristik dan uji tosikologi.

Demikian pembahasan saya mengenai Apa Pengertian Limbah B3?? setelah membaca artikel ini diharapkan kalian mengerti dan mampu menerapkannya dalam lingkungan kalian sendiri. Terima kasih sudah menyimak.

Download jadwal training PT Benefita tahun 2015 Disini. Download brosur training dan peraturan-peraturan terbaru tentang Lingkungan hidup Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>