Latar Belakang Sertifikasi MPPA (Manajer Pengendalian Pencemaran Air) oleh IATPI

water teratment

Kinerja lingkungan suatu industri sangat ditentukan oleh kemampuan personil yang terlibat di dalam upaya pengelolaan lingkungannya. Personil yang terlibat setidaknya harus memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap yang menunjang pelaksanaan tugasnya.

Untuk mendukung upaya peningkatan kemampuan personil pengelolaan lingkungan, telah dikembangkan program sertifikasi MPPA (Manajer Pengendalian Pencemaran Air). Program ini pertama kali dikembangkan dan diterapkan oleh pemerintah propinsi Jawa Barat melalui Badan Pengendalian Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD).

Pengembanga program sertifikasi ini dilakukan dengan melibatkan wakil-wakil instansi dari instansi pemerintah lain, perguruan tinggi, lembaga pelatihan, asosiasi profesi, dunia industri, lembaga swadaya masyarakat, wakil dunia usaha dan lainnya. Dukungan aktif juga diberikan oleh pemerintah Jepang melalui Japan External Trade Organization (JETRO).

Pada awalnya program sertifikasi MPPA merupakan bagian dari pengaturan Organisasi Pengendalian Pencemaran Lingkungan (OPPAL) air yang diberlakukan di propinsi Jawa Barat sebagai tindak lanjut ketentuan Peraturan Daerah Propinsi Jawa Barat No.3/2004 tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air. Namun saat ini programsertifikasi ini telah berlaku secara nasional dengan ditetapkannya Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No.03/2009 tentang Sertifikasi Kompetensi dan Standar Kompetensi Manajer Pengendalian Pencemaran Air.

Program ini dikembangkan oleh Ahli Teknik Penyehatan dan Teknik Lingkungan Indonesia (IATPI) bersama BPLHD Propinsi Jawa Barat dengna mengadaptasi konsep Environmental Pollution Control Manager (EPCM) yang diperkenalkan oleh Japan Environmental Management Association for Industries (JEMAI) . Adaptasi konsep EPCM juga dilakukan di negara-negara Asia lainnya seperti Thailand, Filipina, Malaysia dan Vietnam.

Download jadwal training PT Benefita tahun 2015 Disini. Download brosur training dan peraturan-peraturan terbaru tentang Lingkungan hidup Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>